Wawancara Pedagang Bakso

Aku    :    Apakah pakde sudah lama berjualan?
Pakdhe    :    Ya, sudah lama
Aku    :    Kira-kira sudah berapa lama pakde berjualan?
Pakdhe    :    Sekitar 7 tahun
Aku    :    Apakah dari awal pakde berjualan, sudah membuka warung dirumah?
Pakdhe    :    Tidak, awalnya berjualan dengan gerobak
Aku    :    Mengapa pakde beralih dari gerobak menjadi membuka warung dirumah?
Pakdhe    :    Karena jika jualan keliling keuntungannya tidak besar dan jualnya cuma 1 macam
Aku    :    Apa saja yang pakde jual?
Pakdhe    :    bakso, mie ayam, soto, dan lainlain
Aku    :    Berapa modal yang harus dikeluarkan dalam sehari?
Pakdhe    :    500 ribu
Aku    :    Bagaimanakah suka dan duka selama berjualan?
Pakdhe    :    sukanya alhamdulillah rame, pelanggannya banyak. dukanya jika hari itu pembelinya
        rame ya tempatnya terbatas, dan repot.
Aku    :    Siapa yang membantu pakde dalam berjualan?
Pakdhe    :    satu keluarga dirumah
Aku    :    Saat pakde masih berjualan menggunakan gerobak, dimana saja rute berjualannya?
Pakdhe    :    di sekitar tiban
Aku    :    Bagaimana pakde menghadapi jika pelanggan sedang rame-ramenya?
Pakdhe    :    ya mesti sabar, juga repot
Aku    :    Bagaimana bila pelanggannya ingin cepet-cepet dilayani?
Pakdhe    :    harus nunggu dan sabar
Aku    :    Apakah kami boleh mengetahui resepnya ? (niatnya becanda, tapi ditanggepin :D)
Pakdhe    :    kalo bakso daun bawang, kemiri, bawang putih, merica, dan lain-lain
Aku    :    Berapa harga yang pakde tetapkan dalam 1 porsi?
Pakdhe    :    7 ribu





Kesimpulan
Pakdhe adalah seorang pedagang bakso, sebelum ia mempunyai warung sendiri dulu ia berjualan dengan cara berkeliling dan sekarang ia berjualan dirumah, dan dirumah ia menambahkan dagangannya yaitu bakso, soto, mie ayam dll, satu porsi dihargai 7 ribu

No comments:

Post a Comment